Home » , » Cara Cek Untuk Tunjangan Guru

Cara Cek Untuk Tunjangan Guru

Written By Unknown on Selasa, 16 April 2013 | 00.24

Untuk melakukan pengecekan apakah SK Tunjangan Profesi (SKTP) termasuk Tunjangan Fungsional Non PNS sudah cetak apa belum bisa dilakukan di website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar. April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair. Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun.

Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013. Tunjangan profesi guru sertifikasi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan, dengan rincian:
•  9 – 16 April 2013 untuk triwulan I
•  9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II
•  9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III
•  9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV
Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan. Untuk melihat status penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen bisa dicek secara online. Data yang bisa diketahui adalah data diri guru dan status tunjangan profesi.

Berikut adalah cara mengecek SKTP di P2TK Dikdas.
1. Kunjungi website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar di sini

2. Login di form INFO SK, dengan memasukan NUPTK dan passwordnya adalah tanggal lahir anda dengan format YYYYMMHH. Contoh 29 Januari 1987 menjadi 19870129.
3. Jika Anda berhasil login, maka dapat mengetahui status apakah SKTP Anda sudah cetak atau belum, dan data Anda seperti gambar di bawah ini.

Perlu diketahui, data yang ditampilkan pada laman hasil login tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan. Data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.

Sudahkah Bapak Ibu mengecek datanya? Jika Bapak Ibu kesulitan mengakses website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar yang beralamat di "http://223.27.144.198:8000/index.php" itu bisa dikarenakan beberapa hal. Terlalu banyak orang yang mengakses web tersebut sehingg server down ataupun bisa jadi website memang dalam pemeliharaan sehingga tidak bisa dibuka. Coba akses pada jam-jam sepi, semisal tengah malam atau subuh untuk mengecek status SKTP

26 komentar:

  1. pak sk saya udah keluar tapi di dinas kota enggak keluar apa masalahnya tu pak

    BalasHapus
  2. Sebaiknya Konfirmasi aja dulu ke Dinas Kota tempat Bapak bertugas.

    BalasHapus
  3. kalau saya status sk "sudah SK" dengan nomor 0207.13/C5.6/FU/P/2013.
    Tapi, SK yang dikirim ke Dinas ko' berbeda nomor SK nya dengan Nomor : 0022.13/C5.6/FU/P/2013. Sehingga nama saya tidak ada.
    Tolong dijelaskan, kenapa bisa begitu?

    BalasHapus
  4. untuk periode tahun 2011-2012 sy memperoleh tunjangan fungsional & tunjangan kualifikasi akademik, tapi untuk tahun 2013 ini barusan saya cek, status sy terdaftar hanya di tunjangan kualifikasi akademik. Apakah itu berarti sy tidak memperoleh tunjangan fungsional dan hanya akan memperoleh tunjangan kualifikasi akademik saja? tapi sy memperoleh buku tabungan BTN (u/ TunFung)dengan no seri yg baru...

    BalasHapus
  5. kalo misal aja Nama kta sma sekali nggak kluar apa masalahnya

    BalasHapus
  6. karena kalo dia gk SK
    yang ada cuma nama
    tapi nie nggak ada apa2 yang munculllll

    BalasHapus
  7. Kalo ada perubahan nomer SK, ataupun lainnya dimungkinkan data awal yang ada di Dapodik tertindih oleh update terbaru dari masukkan data karena ada revisi dari sekolah. Bisa di lihat di INFO PENDATAAN KEMDIKBUD untuk melihat status sekolah. Apakah Berhasil Diproses, Cek Konversi, ataupun Diterima, kalo Statusnya Berhasil Diproses berarti data tersebut sudah masuk, sedangkan Cek konversi adalah ada perubahan baru dari admin masing sekolah.

    BalasHapus
  8. Kalau pada status sekolah Cek Konversi, dalam berapa hari bisa berubah menjadi Berhasil Diproses

    BalasHapus
  9. Sudah merubah data selama seminggu tapi pada status sekolah masih saja Cek Konversi. Trus supaya bisa berubah menjadi Berhasil Diproses bagaimana?

    BalasHapus
  10. saya sudah cek dan ada keluar sk.
    terus saya harus bahaimana?

    BalasHapus
  11. Langkah selanjutnya adalah tinggal menghubungi Bank sesuai yang tercantum dalam SK dengan membawa persyaratan. Persyaratan Yang Harus Dibawa Guru Ketika Ke Bank

    BalasHapus
  12. Kalau setelah dicek SK tidak muncul apa2 alias kosong, itu maksudnya ap?, terima kasih

    BalasHapus
  13. Setelah dicek SKnya tidak muncul apa2 alias kosong, maksudnya apa? Terima kasih..

    BalasHapus
  14. Berarti data yang anda masukkan tidak/belum ada di P2TK, atau keliru memasukkan NUPTK dan TGL Lahir sebagai passwordnya.

    BalasHapus
  15. Kenapa tidak bisa di buka 116.66.201.163:8000/index.php

    BalasHapus
  16. Kalau jam sibuk seperti saat ini memang sulit untuk bisa masuk, coba lagi saja lain waktu.

    BalasHapus
  17. Saya sudah cek dan ada SK-nya.
    Kemudian saya ke kabupaten namun di kabupatendikatakan tidak ada.
    Katanya SEMUA Sk yang berawalan 0217.23 dibatalkan dari pusat (kata pusat pasti maksudnya Jakarta).
    Kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, ketika sk tersebut dikeluarkan tentu berikut dengan anggarannya, kalaupun ada rumor seperti itu berarti pemerintah seperti plin-plan mengeluarkan sebuah keputusan dong.

      Hapus
  18. pa, data saya dulu salah,tapi sekarang sudah diperbaiki dan sdah di upload,apakah nantinya saya dapat tunjangan fungsional atau tidak?padalah saya guru kelas masa kerja 8 tahun

    BalasHapus
  19. Dari pertengahan bulan April tahun ini

    BalasHapus
  20. gan, triwuln 1 ini sya tdk dpt tunjangn fungsional sukwan d krna ada kshln pada jam mngjar saya, akn ttpi pd bln april ini pd tgl 26, sdh saya perbaiki dan trkirim dngn laporan berhasil d proses. akn ttp pas saya cek tunjangan fungsional saya masih sama tidak ada ktrngn dapat tujangan yg saya pertnykan apakh masih ada tunjagan untk sukwan yg sdh mmprbaiki,, dan jka mmng ada kapan saya bisa cek ulng untuk tunjangan fungsional sukwan triwulan 2? trima kasih

    BalasHapus
  21. Mau balik nanya. Apakah data agan sudah yakin terupload ke server Dapodik? Untuk melihat perbaikan data yang dikirim tanggal 26, bisa dilihat di Cara Cek Dapodik Perorangan di situ agan bisa lihat Biodata secara lengkap termasuk JJM, termasuk tahun pensiun agan juga ada hehehe, dan untuk pencairan kayaknya harus nunggu Triwulan II, tuh!!!

    BalasHapus
  22. kapan ada pemberitahuannya dari Dinas pak bagi guru yang sudah ada SK

    BalasHapus
  23. Untuk pemberitahuan secara tertulis tidak ada, seandainya status di P2TK sudah SK, bapak tinggal konfirm ke bank sesuai dengan SK yang diterbitkan oleh P2TK tersebut.

    BalasHapus