Menentukan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan dan harian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD
Langkah-langkah penyusunan program semester:
- Mempelajari dokumen kurikulum yakni pedoman pengembangan program pembelajaran.
- Memilih tema yang akan digunakan untuk setiap kelompok dalam setiap semester dan menetapkan alokasi waktu untuk setiap tema dengan memperhatikan keluasan cakupan pembahasan tema dan minggu efektif TK.
- Identikfikasi tema menjadi sub tema
- Tema-tema yang dipilih dan hasil identifikasi tema menjadi sub tema dapat dibuat dalam bentuk table pada setiap awal tahun pelajaran.
Langkah-langkah penyusunan RKM model pembelajaran kelompok dengan sudut pengaman
- Memilih tema dan merinci sub tema
- Menentukan kegiatan sesuai bidang pengembangan yaitu nilai-nilai agama dan moral, social emosional,bahasa,kognitif dan fisik
- Membuat matriks hubungan antara tema,bidang pengembangan dan kegiatan
- Menentukan pelaksanaan kegiatan dalam satu minggu dari hari senin s/d jumat atau sabtu
RKM model pembelajaran berdasarkan minat :
- Memilih tema dan merinci sub tema
- Menentukan kegiatan sesuai dengan minat pada model pengembangan sudut/area/sentra
- Membuat matriks hubungan antara tema,sub tema dan kegiatan
- Menentukan aloksai waktu untuk setiap RKM
- Menentukan pelaksanaan kegiatan dalam satu minggu dari hari senin sampai jumat dan sabtu.
Perencanaan harian merupakan penjabaran dari RKM, RKH terdiri dari :
- Kegiatan pembukaan yang merupakan kegiatan pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal.
- Kegiatan inti yang dapat mengaktifkan perhatian,kemampuan,social emosional,
- Istirahat makan merupakan kegiatan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan.
- Kegiatan penutup adalah kegiatan penenanganyang dilaksanakan secara klasikal.
Langkah-langkah penyusunan RKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman:
- Memilih indicator yang sesuai dalam RKM untuk dimasukkan ke RKH,penulisan indicator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan.
- Memilih kegiatan kedalam kegiatan awal,kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti kegiatan pembelajaran dibagi kelompok sesuai program yang direncanakan.
- Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih
- Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator
- Merencanakan penataan lingkungan belajar dan bermain.
Langkah-langkah penyusunan RKH berdasarkan minat :
- Memilih dan menata kegiatan kedalam RKH
- Memilah kegiatan yang dipilih kedalam keg.awal,keg.inti dan kegiatan akhir
- Pada kegiatan inti,kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan minat (area) yangn akan dilaksanakan.
- Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
- Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indicator.
0 komentar:
Posting Komentar